BeritaTribun24

Berita Terupdate Viral Hari Ini

Health

Bunga Desember : Tanaman Hias Yang Dapat Meningkatkan Mood

Bunga Desember
Bunga Desember : Tanaman Hias Yang Dapat Meningkatkan Mood

Bunga Desember, Di Kenal Juga Sebagai Schlumbergera Atau Christmas Cactus, Adalah Salah Satu Tanaman Hias Populer Yang Sering Mekar di Bulan Desember. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan terkenal dengan bunga cantiknya yang berwarna cerah. Selain tampilannya yang mempesona, tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Sehingga bunga ini juga di kenal sebagai tanaman hias indah dengan bunga cerah, juga memiliki kemampuan sebagai pembersih udara alami.

Meskipun mungkin tidak sepopuler tanaman seperti lidah mertua atau palem dalam kategori pembersihan udara. Tetapi bunga ini tetap memberikan kontribusi positif dalam menciptakan kualitas udara yang lebih baik di dalam ruangan. Seperti tanaman lain, Bunga Desember melakukan fotosintesis, yaitu proses di mana tanaman menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara dan melepaskan oksigen (O2). Maka proses ini membantu meningkatkan kadar oksigen di dalam ruangan dan menyegarkan udara.

Pada siang hari, tanaman ini aktif mengubah CO2 menjadi oksigen, yang sangat penting untuk mendukung kualitas udara yang baik, terutama di ruang tertutup. Meskipun belum ada penelitian spesifik tentang kemampuan tanaman tersebut dalam menyerap polutan. Seperti benzena atau formaldehida, tanaman hias secara umum berkontribusi dalam membersihkan udara dari senyawa kimia berbahaya. Maka polutan ini biasanya berasal dari produk rumah tangga seperti bahan pembersih, cat, plastik, atau asap rokok.

Tanaman membantu menyaring polutan melalui daunnya, menyerap zat beracun yang terperangkap di udara. Dan menyimpannya di akarnya, sehingga membantu mengurangi jumlah polutan di dalam ruangan. Tanaman ini juga berperan dalam meningkatkan kelembapan udara melalui proses transpirasi. Hal ini adalah proses di mana tanaman mengeluarkan uap air melalui daun mereka, yang kemudian membantu menambah kadar kelembapan di udara Bunga Desember.

Bunga Desember Sebagai Pembersih Udara Alami

Udara yang lebih lembap penting untuk menjaga keseimbangan kelembapan di dalam rumah. Terutama di ruangan yang menggunakan AC atau pemanas, yang dapat membuat udara menjadi kering. Sehingga udara yang terlalu kering bisa menyebabkan iritasi kulit, masalah pernapasan, dan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu tanaman hias dengan daun yang lebat dan permukaan yang besar. Dapat membantu menangkap debu dan partikel kecil yang beterbangan di udara.

Partikel debu yang menempel di permukaan daun dapat mengurangi jumlah debu di udara. Dan menjadikannya lebih bersih dan sehat untuk di hirup, terutama bagi orang yang memiliki alergi terhadap debu atau partikel lainnya. Maka tanaman ini merupakan salah satu dari beberapa tanaman yang berfotosintesis dengan cara yang berbeda. Yaitu dengan menyerap karbon dioksida pada malam hari (CAM – Crassulacean Acid Metabolism). Hal ini membuat tanaman tersebut cocok untuk di tempatkan di kamar tidur.

Karena dapat membantu menjaga udara tetap bersih dan segar meskipun pada malam hari. Dan ketika sebagian besar tanaman lain berhenti menghasilkan oksigen. Bunga Desember Sebagai Pembersih Udara Alami berfungsi melalui proses fotosintesis dan kemampuannya menyerap polutan serta meningkatkan kelembapan udara. Meskipun tidak di kenal secara spesifik sebagai penyaring polutan kuat, keberadaan tanaman ini di dalam rumah dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Tanaman ini tidak hanya di kenal karena kecantikannya, tetapi juga kemampuannya untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood. Karena banyak penelitian menunjukkan bahwa keberadaan tanaman hias dalam ruangan, termasuk bunga ini, dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan emosional. Oleh karena itu bunga ini mekar dengan warna cerah seperti merah, pink, putih, dan ungu.

Menciptakan Suasana Yang Lebih Tenang Dan Nyaman

Warna ini memiliki pengaruh positif terhadap suasana hati dan emosi seseorang. Dengan warna merah dan pink, misalnya, sering di kaitkan dengan perasaan hangat, cinta, dan kebahagiaan. Sementara warna putih memberikan kesan bersih dan damai. Sehingga melihat tanaman berbunga di dalam rumah dapat menimbulkan perasaan tenang, membantu mengurangi stres, dan memberikan rasa kesejahteraan emosional. Maka studi menunjukkan bahwa paparan terhadap alam, bahkan dalam bentuk kecil seperti tanaman hias, dapat mengurangi stres.

Tanaman ini menghadirkan elemen alam ke dalam ruangan, yang dapat membuat orang merasa lebih terhubung dengan lingkungan alami. Sehingga tanaman ini Menciptakan Suasana Yang Lebih Tenang Dan Nyaman. Seolah olah membawa nuansa alam luar ke dalam rumah, membantu mengurangi ketegangan dan kekhawatiran. Maka dengan merawat tanaman hias seperti bunga tersebut dapat memberikan rasa pencapaian. Oleh sebab itu ketika seseorang berhasil menjaga tanaman ini tetap sehat dan berbunga.

Aktivitas berkebun atau merawat tanaman di dalam ruangan juga di kenal sebagai salah satu bentuk terapi hortikultura. Yang dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sehingga merawat tanaman dapat menciptakan rutinitas yang menenangkan, mengalihkan perhatian dari hal-hal yang menimbulkan stress. Dan meningkatkan mood secara keseluruhan. Dengan keindahan fisik bunga tersebut terutama saat berbunga, dapat memperindah ruangan dan meningkatkan suasana hati penghuni rumah.

Ruangan yang estetis dan penuh warna biasanya memengaruhi suasana hati seseorang. Sehingga ruangan yang indah dengan elemen alam seperti bunga ini cenderung membuat orang merasa lebih bahagia dan nyaman berada di dalamnya. Oleh sebab itu tanaman ini dengan tampilannya yang lembut dan menyegarkan, memiliki efek menenangkan bagi mereka yang melihat atau berada di dekatnya.

Berkontribusi Pada Peningkatan Mood

Tanaman hias ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih damai, membantu orang merasa lebih rileks setelah hari yang penuh tekanan. Dengan melihat tanaman hijau dan bunga yang mekar dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, dan membuat suasana hati lebih stabil. Sehingga tanaman dalam ruangan sering kali menciptakan suasana yang lebih ramah dan menyenangkan, yang dapat mengurangi kecemasan sosial. Oleh karena itu di dalam ruangan yang di hiasi dengan tanaman seperti bunga tersebut.

Sehingga orang cenderung merasa lebih nyaman dan terbuka. Hal ini membuat tanaman tersebut cocok di tempatkan di ruang tamu, ruang kerja, atau area sosial lainnya. Dan tanaman ini biasanya mekar pada bulan Desember, bersamaan dengan musim liburan seperti Natal. Maka kehadirannya sering di kaitkan dengan suasana ceria dan perayaan. Karena itu, bunga ini sering membawa perasaan positif dan kegembiraan, yang Berkontribusi Pada Peningkatan Mood.

Terutama pada musim liburan ketika orang cenderung menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Maka bunga ini memiliki berbagai cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan mood. Baik melalui keindahan visualnya, hubungan dengan alam, maupun efek menenangkan yang di berikannya. Oleh sebab itu keberadaannya di rumah dapat menciptakan suasana yang lebih harmonis, menyenangkan, dan mendukung kesehatan mental yang lebih baik. Sehingga merawat bunga tersebut tidak hanya membuat rumah lebih indah.

Tetapi juga memberikan manfaat psikologis yang mendalam bagi penghuni rumah. Maka tanaman ini cukup mudah di rawat, bahkan bagi pemula sekalipun. Karena tanaman ini tidak memerlukan banyak air dan dapat bertahan hidup di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terang. Sehingga kemudahan perawatannya, bunga ini dapat menjadi tanaman yang ideal untuk mereka yang baru memulai hobi berkebun Bunga Desember.