BeritaTribun24

Taman Prasejarah Leang-Leang Warisan Sejarah Sulawesi Selatan

Taman Prasejarah Leang-Leang
Taman Prasejarah Leang-Leang Warisan Sejarah Sulawesi Selatan

Taman Prasejarah Leang-Leang Merupakan Salah Satu Situs Arkeologi Penting Yang Terletak Di Maros, Sulawesi Selatan. Tempat ini terkenal dengan lukisan gua yang berasal dari ribuan tahun lalu dan menjadi bukti peradaban manusia prasejarah di Indonesia. Nama “Leang” sendiri berasal dari bahasa Makassar yang berarti “gua”, sesuai dengan kondisi geografis wilayah tersebut yang terdiri dari gua alami di kawasan karst. Tempat ini mulai di kenal dunia arkeologi pada tahun 1950-an.

Ketika para arkeolog Belanda menemukan situs ini di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Sehingga penemuan ini sangat penting karena mengungkapkan bukti kehidupan manusia prasejarah yang tinggal di gua. Pada masa Pleistosen lebih dari 40.000 tahun yang lalu. Maka Taman Prasejarah Leang-Leang melibatkan lukisan gua prasejarah yang menjadi salah satu peninggalan seni tertua di dunia. Penelitian awal di lakukan oleh arkeolog H.R. van Heekeren, yang pada tahun 1950.

Dan menemukan gua di kawasan karst Maros yang memiliki jejak seni prasejarah berupa lukisan tangan dan gambar hewan. Penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa lukisan tersebut terbuat dari oker merah yang di gunakan manusia purba untuk melukis di dinding gua. Maka di samping itu para arkeolog juga menemukan berbagai artefak berupa alat batu yang di gunakan manusia pada masa itu. Termasuk alat penetak dan kapak perimbas.

Dan lukisan yang di temukan di gua Leang-Leang ini menjadi salah satu lukisan tertua di dunia. Dengan cap tangan negatif yang di perkirakan berusia sekitar 40.000 tahun. Penemuan ini sangat penting karena menunjukkan bahwa manusia purba di Sulawesi sudah memiliki kemampuan seni dan pemikiran simbolik yang kompleks. Setara dengan manusia prasejarah di Eropa yang menghasilkan lukisan gua di Lascaux, Prancis, dan Altamira, Spanyol Taman Prasejarah Leang-Leang.

Taman Prasejarah Leang-Leang Menjadi Subjek Penelitian Arkeologi Internasional

Penemuan lebih lanjut di tahun berikutnya mengukuhkan Leang-Leang sebagai salah satu situs prasejarah paling penting di asia tenggara. Maka dari itu dengan lukisan babirusa (hewan khas Sulawesi) yang juga di temukan di gua ini menunjukkan bahwa manusia prasejarah tidak hanya menggambarkan lingkungan mereka. Tetapi juga mungkin memiliki ritual atau kepercayaan spiritual yang berkaitan dengan hewan tersebut. Dengan penemuan di taman ini memberikan wawasan penting tentang migrasi awal manusia di Asia.

Dan menunjukkan bahwa manusia purba di wilayah ini memiliki budaya dan tradisi artistik yang kaya. Sejak saat itu Taman Prasejarah Leang-Leang Menjadi Subjek Penelitian Arkeologi Internasional. Sehingga memperkuat posisinya sebagai situs bersejarah dan ilmiah yang penting. Salah satu daya tarik utama tempat ini adalah lukisan gua prasejarah yang di temukan di dinding gua di kawasan karst Maros.

Maka dari itu lukisan ini memberikan bukti kuat tentang kehidupan manusia purba yang tinggal di wilayah tersebut lebih dari 40.000 tahun lalu. Lukisan gua di Leang-Leang terdiri dari dua jenis utama, yaitu cap tangan dan gambar hewan. Yang keduanya di buat dengan menggunakan pigmen alami terutama oker merah. Sehingga lukisan cap tangan merupakan salah satu yang paling ikonik dari Leang-Leang.

Dan tangan manusia di tempelkan pada dinding gua, kemudian pigmen berwarna merah di semprotkan di sekitarnya. Maka dari itu meninggalkan bentuk negatif dari tangan di batuan gua. Cap tangan ini di yakini sebagai bentuk ekspresi seni yang juga bisa memiliki makna spiritual atau simbolik. Selain itu adanya cap tangan ini menunjukkan kemampuan manusia purba dalam berpikir simbolik dan melakukan ritual seni yang terorganisir.

Seni Tertua Yang Pernah Di Temukan

Salah satu cap tangan yang di temukan di Leang-Leang di perkirakan berusia sekitar 40.000 tahun. Maka menjadikannya salah satu Seni Tertua Yang Pernah Di Temukan. Oleh karena itu tangan ini kemungkinan besar berasal dari anak-anak hingga orang dewasa. Dan menunjukkan bahwa seni ini mungkin melibatkan berbagai kelompok usia. Di samping cap tangan gambar hewan juga di temukan di gua Leang-Leang. Salah satu gambar yang paling terkenal adalah gambar babirusa.

Hewan endemik Sulawesi, yang di gambarkan dengan gaya sederhana namun menunjukkan keterampilan seni yang cukup maju. Maka gambar hewan seperti babirusa ini menunjukkan bahwa manusia purba tidak hanya menggambarkan lingkungan sekitarnya. Tetapi mungkin juga memiliki hubungan spiritual atau kepercayaan tertentu yang berkaitan dengan hewan tersebut. Sehingga gambar hewan lainnya yang di temukan di dinding gua, menunjukkan bahwa manusia purba di wilayah ini memiliki keterikatan dengan alam dan satwa di sekitarnya.

Kemungkinan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka termasuk perburuan. Selain lukisan gua para arkeolog juga menemukan berbagai artefak prasejarah di kawasan Leang-Leang. Dan memberi gambaran lebih lanjut tentang kehidupan manusia purba di daerah ini. Maka beberapa artefak yang di temukan di antaranya adalah alat batu seperti kapak perimbas, penetak, dan alat serpih yang di gunakan untuk memotong atau memecah tulang dan daging hewan di temukan di situs ini.

Alat-alat ini menunjukkan bahwa manusia prasejarah di Leang-Leang adalah pemburu dan pengumpul yang bergantung pada alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka di beberapa gua sisa makanan seperti cangkang moluska, tulang hewan, dan kulit kerang juga di temukan. Hal ini menunjukkan bahwa manusia purba di Leang-Leang mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Wawasan Penting Tentang Kehidupan Manusia Prasejara

Manusia purba di Leang-Leang juga memanfaatkan sumber daya laut dengan membuat alat-alat dari cangkang kerang. Sehingga alat ini di gunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memotong hingga sebagai alat hiasan. Dengan lukisan gua dan artefak yang di temukan di Leang-Leang memberikan Wawasan Penting Tentang Kehidupan Manusia Prasejarah di Sulawesi Selatan. Maka lukisan ini menunjukkan bahwa manusia purba memiliki kemampuan artistic.

Mungkin memiliki kepercayaan spiritual yang terkait dengan hewan dan tangan yang di gambarkan. Dan artefak yang di temukan menunjukkan keterampilan mereka dalam membuat alat dari batu dan kerang. Oleh karena itu ketergantungan mereka pada lingkungan alam untuk bertahan hidup. Secara keseluruhan taman ini tidak hanya memberikan gambaran tentang seni dan kehidupan spiritual manusia purba. Tetapi juga menunjukkan bagaimana mereka beradaptasi dan hidup di lingkungan yang kaya akan sumber daya alam.

Tempat ini tidak hanya menarik karena situs arkeologinya. Tetapi juga karena keindahan alam dan ekosistem yang ada di sekitarnya. Terletak di kawasan karst Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan, wilayah ini memiliki formasi geologi yang unik dan keanekaragaman hayati yang kaya. Sehingga menjadikannya salah satu tempat yang menarik bagi para peneliti, pecinta alam, dan wisatawan. Salah satu keunikan utama tempat ini adalah lokasinya yang berada di pegunungan karst.

Karst adalah formasi batuan kapur yang terbentuk melalui proses pelarutan batuan oleh air hujan dan aliran sungai selama jutaan tahun. Maka proses ini menghasilkan lanskap yang dramatis, dengan tebing curam, lembah, gua dalam, dan bukit kapur yang terjal. Kawasan karst Maros-Pangkep merupakan salah satu kawasan karst terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia. Selain menjadi habitat alami bagi flora dan fauna endemik Taman Prasejarah Leang-Leang.

Exit mobile version